LAPORAN
KEGIATAN
DI WILAYAH KERJA PPK 05 ANGENTELU-PADANGBAI-BLAHBATUH
SEMEBAUNG-CIUNGWANARA(GIANYAR)
I.
PENDAHULUAN
1.1
Pengertian NAASRA
NAASRA merupakan
salah satu metode survey jalan untuk mengetahui kekasaran permukaan jalan yang dapat
dipergunakan untuk menilai kondisi jalan.
NAASRA itu sendiri merupakan
kepanjangan dari National Association of
Australian State Road Authorities yang jika diartikan kedalam bahasa Indonesia
berarti Asosiasi Nasional Otoritas Jalan Negara Bagian Australia.
Dalam perkembangan
selanjutnya NAASRA dikenal di Indonesia sebagai sebuah metode survey jalan
untuk mengetahui kekasaran permukaan jalan, yang mengadopsi dari metode survey
yang dilakukan oleh negara-negara bagian Australia.
Prinsip dasar
"alat" ini adalah mengukur jumlah gerakan vertikal sumbu roda
belakang terhadap tubuh kendaraan sewaktu berjalan pada kecepatan tertentu. Gerakan
sumbu roda belakang dalam arah vertikal dipindahkan kepada alat pengukur
kekasaran memalui kabel yang dipasang di tengah-tengah sumbu roda belakang
kendaraan yang selanjutnya dipindahkan kepada counter melalui fleksibel drive
dan setiap putaran counter adalah sama dengan 15,2mm gerakan vertikal antara sumbu
roda belakang dan tubuh kendaraan.
Untuk mendapatkan
hasil optimal sehingga hasil dari NAASRA ini mendekati keadaan nyata
dilapangan, maka dilakukan suatu kalibrasi terhadap kendaraan survey dengan
alat fase Dipstick Profiler atau alat lain sesuai standar yang berlaku.
Sebelum
melaksanakan survey kekasaran permukaan jalan harus dicari dahulu grafik
korelasi dari kendaraan dan alat NAASRA
terhadap nilai BI (Bump Integrator) dan IRI (International Roughness Index).
Grafik korelasi ini
didapat dengan Seksi Percobaan (SP) kemudian melakukan pengukuran profil dan
menjalankan kendaraan untuk mendapatkan kekasaran permukaannya.Angka korelasi
yang didapat, merupakan angka kalibrasi dari alat ukur NAASRA beserta kendaraan
yang dipergunakan.
1.2 Persyaratan PHO
Survey NAASRA diperlukan
sebagai kelengkapan administrasi serah terima pertama pekerjaan (PHO/
Provisional Hand Over). PPK menerima
penyerahan pertama pekerjaan dilaksanakan sesuai dengan ketentuan Kontrak sejak
tanggal berita acara penyerahan pekerjaan dan telah diterima oleh Panitia
Penerima Pekerjaan sesuai dengan Permen PUPR No. 31/PRT/M/2015.
Apabila terdapat kekurangan dalam hasil pekerjaan
sebagaimana dimaksud pada Penilaian terhadap hasil pekerjaan dimaksud pada
Penilaian terhadap hasil pekerjaan yang telah selesaikan, penitia Penerima
hasil Pekerjaan (PPHP) memerintahkan Penyedia Barang/Jasa untuk memperbaiaki
dan/atau melengkapi kekurangan pekerjaan sebagaimana yang disyaratkan dalam
kontrak.
II.
Lokasi
dan waktu survey
2.1
Lokasi survey
Survey jalan yang
dilaksanakan Oleh Tim Survey NAASRA P2JN Denpasar yang di pandu dari tim PPK 05
Denpasar dan juga dari Tim Kontraktor PT. Aditya Sinar Pratama serta Tim Konsultan PT. Tata Guna Patria Jo.
Jalan yang akan disurvey merupakan Segment Rehabilitasi Mayor sepanjang
5,975 Km (Jalan Raya Suter ) terletak di wilayah kabupaten Bangli, kecamatan
Kintamani.
![]() |
Gambar 01. lokasi survey segment rehab mayor |
2.2 Waktu Survey
Survey dilasanakan pada hari Selasa, Tanggal 17 Oktober
2017 jam 13.30 menunggu hujan reda karena salah satu peralatan survey seperti
kamera luar agak rentan terhadap air hujan.
Proses survey tidak memakan waktu lama, dengan panjang jalan yang akan di survey
skitar 5.975 km, ( menjadi 11.950 km bolak balik ) dan Kecepatan tempuh mobil
survey NASSRA sekitar 30 Km/ jam, Survey jalan hanya berlangsung 25 menit
efektif.
III. Personil Survey
Personil Survey
terdiri dari Tim P2JN sebagai Tim inti Survey di Pandu Tim PPK 05
Angentelu-Padangbai-Blahbatuh-Semebaung-Ciungwanara(Gianyar), Tim PT. Aditya
Sinar Pratama sebagai pelaksana Proyek dan dari PT. Tata Guna Patria Jo.
Sebagai Konsultan Supervisi Proyek Jalan yang akan di survey.
Nama Personil P2JN :
No.
|
Nama
|
Jabatan
|
1.
|
Gusti Cahyadi
|
Staf Teknik
|
2.
|
I Kadek Sumadana
|
Staf Teknik
|
Nama Personil dari PPK 05
No.
|
Nama
|
Jabatan
|
1.
|
I Putu Eka Arman Agustina, ST.
|
Kawaslap
|
2.
|
Agus Yustriana
|
Penilik
|
3.
|
Gede Agustama adi
|
Staf
|
Nama Personil dari PT. Aditya Sinar Pratama
No.
|
Nama
|
Jabatan
|
1.
|
I Gusti Putu Darmawan, ST.
|
General Superintendent
|
2.
|
Agus Pranawa
|
Staf Teknik
|
Nama Personil dari PT. Tata Guna Patria Jo.
No.
|
Nama
|
Jabatan
|
1.
|
Ir. AA. Gede Anom Suparsa
|
Supervision Engineer
|
2.
|
IV.
Rincian
Kegiatan
4.1 Tahapan Rincian Kegiatan
1. Seluruh Tim bergerak dan bertemu
di tempat yang sudah dijanjikan sebagai titik awal persiapan untuk melakukan
survey.
2.
Setelah istirahat dan makan siang bersama Tim Survey NAASRA dari P2JN
Denpasar melakukan persiapan awal dengan menyiapkan peralatan survey seperti
pemasangan kamera depan dan belakang yang di pasang pada mobil survey.
3. Memulai start untuk melakukan
survey, Mobil Tim Survey P2JN berada di tengah sedangkan Mobil dari Tim PPK 05
memandu di depan. Sedangkan Mobil Tim dari Kontraktor dan Kosultan mengikuti
dari belakang.
4. Mobil survey menyusuri perbagian
jalan di mulai dari lajur kiri jalan dan berbalik arah ketika sudah sampai
dititik akhir survey untuk mensurvey di jalur kanan jalan dan Proses survey
selesai ketika mobil sudah sampai kembali dititik awal survey.
5. Melakukan foto bersama diakhir
survey yang diikuti Tim Survey P2JN, Tim
PPK05, Tim Kontraktor dan Konsultan. Sebagai pelengkap bahan dokumentasi.
V. Foto foto Kegiatan
![]() |
Gambar 02. Petugas P2JN sedang mempersiapkan Peralatan NAASRA |
![]() |
Gambar 03. Peralatan Survey yang dipasang divelg mobil |
![]() |
Gambar 04. Kamera belakang yang terpasang di mibil survey |