Kamis, 11 Januari 2018

SURVEY NAASRA SEGMENT REHABILITASI MAYOR 5,975 Km (JALAN RAYA SUTER KINTAMANI BANGLI )

LAPORAN KEGIATAN
DI WILAYAH KERJA PPK 05 ANGENTELU-PADANGBAI-BLAHBATUH SEMEBAUNG-CIUNGWANARA(GIANYAR)


I.                    PENDAHULUAN
1.1   Pengertian NAASRA
NAASRA merupakan salah satu metode survey jalan untuk mengetahui kekasaran permukaan jalan yang dapat dipergunakan untuk menilai kondisi jalan.
NAASRA itu sendiri merupakan kepanjangan dari  National Association of Australian State Road Authorities yang jika diartikan kedalam bahasa Indonesia berarti Asosiasi Nasional Otoritas Jalan Negara Bagian Australia.

Dalam perkembangan selanjutnya NAASRA dikenal di Indonesia sebagai sebuah metode survey jalan untuk mengetahui kekasaran permukaan jalan, yang mengadopsi dari metode survey yang dilakukan oleh negara-negara bagian Australia.

Prinsip dasar "alat" ini adalah mengukur jumlah gerakan vertikal sumbu roda belakang terhadap tubuh kendaraan sewaktu berjalan pada kecepatan tertentu. Gerakan sumbu roda belakang dalam arah vertikal dipindahkan kepada alat pengukur kekasaran memalui kabel yang dipasang di tengah-tengah sumbu roda belakang kendaraan yang selanjutnya dipindahkan kepada counter melalui fleksibel drive dan setiap putaran counter adalah sama dengan 15,2mm gerakan vertikal antara sumbu roda belakang dan tubuh kendaraan.

Untuk mendapatkan hasil optimal sehingga hasil dari NAASRA ini mendekati keadaan nyata dilapangan, maka dilakukan suatu kalibrasi terhadap kendaraan survey dengan alat fase Dipstick Profiler atau alat lain sesuai standar yang berlaku.

Sebelum melaksanakan survey kekasaran permukaan jalan harus dicari dahulu grafik korelasi dari kendaraan  dan alat NAASRA terhadap nilai BI (Bump Integrator) dan IRI (International Roughness Index).

Grafik korelasi ini didapat dengan Seksi Percobaan (SP) kemudian melakukan pengukuran profil dan menjalankan kendaraan untuk mendapatkan kekasaran permukaannya.Angka korelasi yang didapat, merupakan angka kalibrasi dari alat ukur NAASRA beserta kendaraan yang dipergunakan.
1.2 Persyaratan PHO
          Survey NAASRA diperlukan sebagai kelengkapan administrasi serah terima pertama pekerjaan (PHO/ Provisional Hand Over).  PPK menerima penyerahan pertama pekerjaan dilaksanakan sesuai dengan ketentuan Kontrak sejak tanggal berita acara penyerahan pekerjaan dan telah diterima oleh Panitia Penerima Pekerjaan sesuai dengan Permen PUPR No. 31/PRT/M/2015.
Apabila terdapat kekurangan dalam hasil pekerjaan sebagaimana dimaksud pada Penilaian terhadap hasil pekerjaan dimaksud pada Penilaian terhadap hasil pekerjaan yang telah selesaikan, penitia Penerima hasil Pekerjaan (PPHP) memerintahkan Penyedia Barang/Jasa untuk memperbaiaki dan/atau melengkapi kekurangan pekerjaan sebagaimana yang disyaratkan dalam kontrak.

II.                  Lokasi dan waktu survey
2.1   Lokasi survey
Survey jalan yang dilaksanakan Oleh Tim Survey NAASRA P2JN Denpasar yang di pandu dari tim PPK 05 Denpasar dan juga dari Tim Kontraktor PT. Aditya Sinar Pratama  serta Tim Konsultan PT. Tata Guna Patria Jo.

Jalan yang akan disurvey merupakan Segment Rehabilitasi Mayor sepanjang 5,975 Km (Jalan Raya Suter ) terletak di wilayah kabupaten Bangli, kecamatan Kintamani.


Gambar 01. lokasi survey segment rehab mayor

2.2    Waktu Survey
Survey dilasanakan pada hari Selasa, Tanggal 17 Oktober 2017 jam 13.30 menunggu hujan reda karena salah satu peralatan survey seperti kamera luar agak rentan terhadap air hujan.
Proses survey tidak memakan waktu lama,  dengan panjang jalan yang akan di survey skitar 5.975 km, ( menjadi 11.950 km bolak balik ) dan Kecepatan tempuh mobil survey NASSRA sekitar 30 Km/ jam, Survey jalan hanya berlangsung 25 menit efektif.



III.                  Personil Survey
Personil Survey terdiri dari Tim P2JN sebagai Tim inti Survey di Pandu Tim PPK 05 Angentelu-Padangbai-Blahbatuh-Semebaung-Ciungwanara(Gianyar), Tim PT. Aditya Sinar Pratama sebagai pelaksana Proyek dan dari PT. Tata Guna Patria Jo. Sebagai Konsultan Supervisi Proyek Jalan yang akan di survey.

Nama Personil P2JN :
No.
Nama
Jabatan
1.
Gusti Cahyadi
Staf Teknik
2.
I Kadek Sumadana
Staf Teknik

Nama Personil dari PPK 05
No.
Nama
Jabatan
1.
I Putu Eka Arman Agustina, ST.
Kawaslap
2.
Agus Yustriana
Penilik
3.
Gede Agustama adi
Staf

Nama Personil dari PT. Aditya Sinar Pratama
No.
Nama
Jabatan
1.
I Gusti Putu Darmawan, ST.
General Superintendent
2.
Agus Pranawa
Staf Teknik

Nama Personil dari PT. Tata Guna Patria Jo.
No.
Nama
Jabatan
1.
Ir. AA.  Gede Anom Suparsa
Supervision Engineer
2.



IV.                Rincian Kegiatan

4.1 Tahapan Rincian Kegiatan
1. Seluruh Tim bergerak dan bertemu di tempat yang sudah dijanjikan sebagai titik awal persiapan untuk melakukan survey.
2.  Setelah istirahat dan makan siang bersama Tim Survey NAASRA dari P2JN Denpasar melakukan persiapan awal dengan menyiapkan peralatan survey seperti pemasangan kamera depan dan belakang yang di pasang pada mobil survey.
3. Memulai start untuk melakukan survey, Mobil Tim Survey P2JN berada di tengah sedangkan Mobil dari Tim PPK 05 memandu di depan. Sedangkan Mobil Tim dari Kontraktor dan Kosultan mengikuti dari belakang.
4. Mobil survey menyusuri perbagian jalan di mulai dari lajur kiri jalan dan berbalik arah ketika sudah sampai dititik akhir survey untuk mensurvey di jalur kanan jalan dan Proses survey selesai ketika mobil sudah sampai kembali dititik awal survey.
5. Melakukan foto bersama diakhir survey  yang diikuti Tim Survey P2JN, Tim PPK05, Tim Kontraktor dan Konsultan. Sebagai pelengkap bahan dokumentasi.

V.    Foto foto Kegiatan


Gambar 02. Petugas P2JN sedang mempersiapkan Peralatan NAASRA


Gambar 03. Peralatan Survey yang dipasang divelg mobil
Gambar 04. Kamera belakang yang terpasang di mibil survey

Gambar 05. Proses Penyurveyan


Gambar 06. Foto bersamama Tim Survey P2JN, PPK05, Pihak Kontraktor dan Konsultan






































Tidak ada komentar:

Posting Komentar