Tinjauan lapangan Mahasiswa Teknik (Study Transport) UNHI Denpasar
Bus
sekolah milik dishub kodya Denpasar di uji coba pertama kali tangggal 13
November 2017. Dan di launching pertama kali hari kamis tanggal 28 Desember
2017. Masyarakat sangat antusias dengan keberadaan bus sekolah ini. Untuk tahap
awal sudah terdaftar hampir 800 san siswa yang ingin menikmati jasa bus sekolah
ini. Namun karena keterbatasan bus sekolah yang tersedia dan baru memiliki 6
armada bus. Jadi hanya bisa terlayani sekitar 339 siswa. Itupun baru tercover
hanya untuk wilayah Denpasar utara dan Denpasar timur saja.
Penggunanan Teknologi
Sistem
pelayanan bus sekolah ini sudah terintegrasi dengan dengan aplikasi yang bisa
di unduh di playstore. UPT bekerjasama dengan STIKOM Denpasar menegembangkan
aplikasi ini dengan tujuan mempermudah pelayanan kepada siswa dan mempermudah
juga dalam pemantauan dan pengawasannya. Jadi siapa saja bisa memantau
perjalanan bus, jumlah siswa yang diangkut, nama siswa yang ada dalam bus,
jalur bus tersebut dan lain lainnya. Dan ini bukan hanya untuk siswa, orang tua
siswa atau orang orang yang bekerja di UPT tapi semua orang bisa memantau
keberadaan dan pelayanan bus tersebut.
Fasilitas bus
Dari 6 armada mini bus masing masing
memiliki 25 kapasitas tempat duduk. Kondisi bus yang baru dan sudah dilengkapi
fasilitas fasilitas pendukung yang bisa dikatakan lebih dari lengkap seperti
fasilitas free wifi, Ac, CCTV, Televisi untuk memutar video, benar2 akan membuat nyaman siswa yang akan
memakainya. Masing masing bus punya nomor 1 sampai 6 dengan trayek yang berbeda
beda.
Tenaga Operasional
Ada sekitar 50 pegawai yang bekerja
menangani bus sekolah ini terbagi dalam 2 ship waktu bekerja, dengan waktu
kerja selama 8 jam. Dalam tim pengoprasian bus sekolah ini ada tenaga tenaga
operasional dengan istilah istilah sebagai berikut ;
1. Kepala UPT (Unit pelayanan Terpadu)
Bus Sekolah
Sebagai kepala yang mengkoordinir seluruh operasional
kegiatan bus sekolah tersebut. Atau seperti manajer operasional dalam sebuah
perushaan. Bertanggung jawab secara penuh atas semua kelacaran operasinal bus
sekolah ini.
2. Operator
Pegawai yang tugasnya diruang operator yang memantau, menginformasikan,
mengamati dan mengarahkan agar kelancaran operasional bus sekolah berjalan
sesuai skema yang sudah ditentukan.
3. Pramujasa.
Pegawai yang tugasnya mencatat siswa yang ikut maupun yang
tidak ikut bus pada hari tersebut. Mengiformasikan kepada siswa bahwa bus akan
tiba dititik kumpul lima menit sebelumnya, agar siswa bersiap siap, hal ini
ditujukan agar tidak terjadi keterlambatan dan bus bisa tepat waktu sampai
sekolah. Pramujasa masing masing bus berhubungan secara langsung dengan siswa
pada jalur bus tersebut. Bertanggung jawab penuh pada siswa yang diasuhnya.
4. Pramudi
Pengemudi bus yang tugasnya mengemudikan bus menuju titik
titik kumpul yang sudah ditentukan masing masing bus. Pengemudi bus juga
disediakan alat komonikasi radio HT yang sudah terpasang di bus untuk menginformasikan
keadaan lalulintas ke operator sehingga kalau ada kemacetan yang mengganggu
perjalanan bus bisa diuraikan oleh petugas lapangan dan tentu saja diharapkan
bus tepat waktu sampai tujuan.
5. Petugas Lapangan
Petugas yang memantau keadaan lalu lintas dimana bus akan melewati jalan
tersebut. Petugas lapangan akan memantau jalan yang akan dilalui bus sebelum
bus tersebut melewatinya. Hal hal yang akan menganggu perjalan bus akan diatasi
lebih dahulu. Petugas lapangan akan selalu berkomonikasi dengan dengan pramudi
demi kelancaran perjalanan.
Proses Awal Operasional
1. UPT membuka pendaftaran dengan
sosialisasi kesekolah sekolah maupun lewat pamflet pamflet kepada siswa yang
ingin menggunakan bus sekolah. Diutamakan untuk siswa SD dan SMP karena siswa
SD dan SMP dianggap perlu mendapat perhatian dan bimbingan lebih dari siswa
SMA.
2. Siswa siswa yang sudah terdaftar
kemudian dipilah pilah dan dikelompokan sesuai jalur bus dan tujuan sekolah.
Siswa yang yang ada di jalur bus namun dengan tujuan sekolah yang jauh dan
tidak terjangkau tentu tidak diterima. Juga siswa dibagi sesuai jam masuk
sekolah. Ada yang masuk pagi dan jam masuk siang.
3. Semua siswa yang memakai bus sekolah
akan diberikan simcard untuk absensi secara elektronik maupun bukti kalau siswa
tersebut sudah terdaftar sebagai pengguna bus sekolah.
4. Setelah semua siap bus sekolah
dioperasioanalkan.
Kegiatan Harian Operasional
1. Pagi hari, pegawai yang mendapat ship
pagi sudah berkumpul di kantor UPT sebelum jam setengah enam karena jam
setengah enam diadakan apel persiapan dan brifing dari kepala UPT. Untuk
Pramudi akan datang lebih awal mempersiapkan mobil bus yang akan digunakan (di
bersihkan dan dipanaskan )
2. Selesai apel. Masing masing tim
bergerak sesui bagian kerjanya masing masing. Pramudi dan Pramujasa menuju
busnya masing masing. Bagian operator ke ruangan operator dan bagian Petugas
Lapangan bergerak menyusuri jalur bus yang akan dilewati.
3. Pramudi dan Pramujasa mulai berjalan
dan menjemput siswa di titik titik kumpul yang sudah ditentukan. Pramujasa
mencatat siswa yang ikut bus di pagi itu maupun yang tidak ikut. Sebelum bus
tiba dititik kumpul pramujasa sudah memberitahukan kepada siswa lewat grup WA,
bahwa bus 5 menit lagi akan mencapai titik kumpul A dan siswa yang terdaftar menunggu
di titik A sudah harus mempersiapkan diri. Bus akan berhenti di titik kumpul
maksimal hanya 5 menit. Siswa yang tidak datang tepat waktu akan terus
dihubungi oleh pramujasa baik dengan WA maupun telepon langsung. Sampai benar
benar diketahui keadaan siswa tersebut. Lewat 5 menit tentu akan ditinggal
karena waktu yang terlambat di masing masing dititik kumpul tentu akan
berpengaruh waktu tujuan masuk sekolah yang ingin di capai. Disamping itu
terlambat di titik kumpul pertama tentu akan berpengaruh dititik kumpul
selanjutnya.
4. Setelah semua siswa terangkut bus,
kemudian siswa akan diantar ke sekolah yang akan dituju sampai semuanya turun
disekolahnya masing masing.
5. Setelah itu bus akan kembali ke
kantor UPT, untuk istirahat sebentar dan mulai jam 10.00 lagi untuk penjemputan
siswa di jam sekolah siang. Bus biasanya
langsung, setelah mengantar siswa stanbai disekolah sebentar sambil menunggu
siswa yang keluar dan mengantarnya pulang.
6. Dalam hal ini pramujasa terus
berkomonikasi dengan siswa siswa yang diasuhnya. Sampai semua siswa yang
diasuhnya terlayani dengan baik.
Dokumentasi Kegiatan
![]() |
Gambar 01. Mendapat bimbingan teknis dari pegawai UPT DISUB Denpasar (Hari pertama) |
![]() |
Gambar 02. Foto bersama dengan pegawai UPT DISHUB Denpasar |
![]() |
Gambar 03. Apel Pagi Jam 05.30 Sebelum bus sekolah di jalankan |
![]() |
Gambar 04. Televisi bagian fasilitas bus sekolah |
![]() |
Gambar 05. CCTV dan FREE WIFI Fasilitas Bus Sekolah |
![]() |
Gambar 06. Fasilitas tempat duduk bus sekolah |
![]() |
Gambar 07. Siswa yang dilayani Bus sekolah |
![]() |
Gambar 08. foto bersama di depan Bus sekolah |
![]() |
Gambar 09. Foto bersama dengan Pramudi Bus Sekolah |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar